SOAL SOAL


Sebutkan dan Jelaskan Delapan fitur unik dari Internet dan Web sebagai media komersial

Jawaban :

1. Ubiquity

    yang artinya e-commerce itu ada dimana-mana , jelas lah e-commerce kan menggunakan Teknologi internet / web yang tersedia dan dapat diakses  dimanapun , nah effectnya dari fitur ini adalah Marketplace dihapus dari temporal, lokasi geografis untuk menjadi "marketspace”  serta kenyamanan pelanggan ditingkatkan dan biaya belanja dikurangi

2.Global Reach

   Teknologi ini sangat luas dan memungkinkan e-commerce cepat berkembang dan mendunia , effectnya memungkinkan perdagangan melintasi batas-batas budaya dan nasional dengan mulus dan tanpa modifikasi serta marketspace termasuk berpotensi, miliaran konsumen dan jutaan bisnis di seluruh dunia

3.Universal Standart

    Satu set standar teknologi : standar internet

Efeknya : Sistem komputer yang berbeda dengan mudah berkomunikasi satu sama lain

Masuk pasar lebih rendah “costs-costs” : pedagang harus membayar untuk membawa barang ke pasar

Pencarian konsumen lebih rendah “costs-effort” : upaya yang diperlukan untuk menemukan produk yang cocok.

4.Richness

    Fitur ini mendukung pesan video, audio, dan teks, effectnya memungkinan untuk menyampaikan pesan kaya dengan teks,audio, dan video secara bersamaan untuk banyak orang. Video, audio, dan teks pesan pemasaran dapat diintegrasikan kedalam pesan pemasaran tunggal dan pengalaman konsumen.

5.Interactivity

    Teknologi ini bekerja melalui interaksi dengan pengguna effectnya konsumen terlibat dalam dialog yang dinamis menyesuaikan pengalaman untuk individu. Kemudian konsumen menjadi co-participant dalam proses penyampaian barang ke pasar

6.Information Density

   Peningkatan besar pada kepadatan informasi - total jumlah dan kualitasinformasi yang tersedia untuk semua pelaku pasar. Efeknya akan ebih besar harga transparansi, besar biaya transparansi

memungkinkan pedagang untuk terlibat dalam diskriminasi harga.

7.Personalization/Customization

   Teknologi memungkinkan modifikasi pesan, barang, effeknya memungkinkan pesan personalized dapat dikirim kepada individu maupun kelompok. Produk dan layanan dapat disesuaikan dengan preferensi individu.

8.Sosial Technology

    Teknologi ini mempromosikan pengguna generasi konten dan jaringan sosial. Efeknya internet sosial baru dan model bisnis memungkinkan pengguna pembuatan konten dan distribusi, dan mendukung jaringan sosial

Sebutkan dan Jelaskan Tiga jenis utama e-commerce

Jawaban:

1. Business-to-Business (B2B)

B2B e-commerce meliputi semua transaksi elektronik barang atau jasa yang dilakukan antar perusahaan. Produsen dan pedagang tradisional biasanya menggunakan jenis e-commerce ini.

2. Business-to-Consumer (B2C)

B2C adalah jenis e-commerce antara perusahaan dan konsumen akhir. Hal ini sesuai dengan bagian ritel dari e-commerce yang biasa dioperasikan oleh perdagangan ritel tradisional.

Jenis ini bisa lebih mudah dan dinamis, namun juga lebih menyebar secara tak merata atau bahkan bisa terhenti.

3. Consumer-to-Consumer (C2C)

C2C merupakan jenis e-commerce yang meliputi semua transaksi elektronik barang atau jasa antar konsumen. Umumnya transaksi ini dilakukan melalui pihak ketiga yang menyediakan platform online untuk melakukan transaksi tersebut.

Sebutkan Model bisnis E-Commerce

Jawaban :

4. Consumer to Business (C2B)

Pada model bisnis e-commerce C2B, dalam hal ini seorang konsumen yang mendekati website yang menampilkan beberapa organisasi bisnis untuk layanan tertentu. Di model ini seorang konsumen akan memposisikan perkiraan jumlahnya yang ingin menghabiskan untuk layanan tertentu. Contohnya, perbandingan biaya bunga pinjaman / kredit mobil pribadi yang diberikan oleh berbagai bank melalui sebuah website. Kemudian orrganisasi bisnis yang memenuhi kriteria konsumen dalam anggaran tertentu mendekati pelanggan dan memberikan layanan.

5. Business to Government (B2G)

Model bisnis e-commerce B2G adalah versinya model B2B. Website ini digunakan oleh pemerintah untuk perdagangan dan pertukaran informasi dengan berbagai macama organisasi bisnis. Website tersebut terlebih dahlu telah diakreditasi oleh pemerintah dan memberikan media untuk bisnis untuk memberikan formulir aplikasi kepada pemerintah.

 6. Government to Business (G2B)

Pemerintah menggunakan website Model bisnis e-commerce B2G untuk mendekati organisasi bisnis. Selanjutnya Website tersebut mendukung sebuah lelang, tender dan permohonan aplikasi fungsi.

7. Government to Citizen (G2C)

Pemerintah menggunakan website Model bisnis e-commerce G2C untuk mendekati warga secara umum. Website tersebut mendukung penjualan kendaraan, mesin atau bahan yang lain. Model website seperti ini juga menyediakan layanan seperti pendaftaran sertifikat akte kelahiran, surat pernikahan atau kematian. Model in memiliki tujuan utama yaitu untuk mengurangi rata-rata waktu untuk memenuhi permintaan orang untuk berbagai layanan pemerintah.

Sebutkan Model Pendapatan E-Commerce

Jawaban :

1. Menjual barang.

Menjual barang barang kepada pelanggan melalui media online.

2. Iklan

Kita membuat space iklan pada blog kita, lalu orang akan membayar untuk memakai tempat iklan kita.

3. Affiliate

Menawarkan produk kepada pelanggan kemudian kita akan mendapatkan komisi.

4. Freelancer

Mengerjakan perkerjaan yang dapat kita lakukan secara online, kemudian orang akan membayar untuk hasil kerja kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bisnis Model Canvas